Cara Menampilkan File yang Tersembunyi di Mac OS X Finder

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
cara menampilkan file yang tersembunyi di mac

Apakah anda tahu jika ada beberapa file dan folder yang tersembunyi di mesin Mac OS X anda ? Pada artikel ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menampilkan file yang tersembunyi di mac OS X Finder.

Beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa ada sejumlah besar file dan/atau folder yang tersembuyi di Mac mereka, Apple sengaja membuat hal-hal terlihat sederhana bagi pengguna Mac sehingga membuat banyak file dan folder tersembunyi dari pandangan mata. Struktur file yang tersembunyi pada Mac bertujuan untuk memastikan bahwa pendatang baru Mac tidak mengganggu kinerja sistem Mac. Namun membuat file tetap tersembunyi akan membosankan bagi pengguna Mac yang sudah berpengalaman, Pengguna Mac yang sudah berpengalaman tentunya ingin mengubah dan menyempurnakan Mac baik dari segi Tampilan maupun Kemampuan. Trik ini juga bagus untuk penggemar Mac yang ingin memodifikasi mesin Apple sesuai dengan selera mereka.

Bagaimana Cara Menampilkan File yang Tersembunyi di Mac menggunakan Terminal

Aplikasi Terminal merupakan cara terbaik untuk menampilkan file yang tersembuyi pada Mac. Aplikasi Terminal memungkinkan anda untuk mengontrol Mac menggunakan “Command Line” untuk memasukkan perintah Unix. Anda bisa menganggap Terminal sebagai Kap Mobil, Terminal memungkinkan anda untuk membuka Mac dan Melihat kedalamnya. Berikut cara menggunakan Terminal untuk menampilkan file yang tersembunyi.

Buka Terminal

  • Buka “Finder” > Klik tab “GO” > “Utilities” dan klik dua kali “Terminal.app”. atau
  • Tekan Command + Space > akan muncul Spotlight > ketik “terminal” lalu tekan Return.

Memberi Perintah Mac untuk Menampilkan File yang Tersembuyi

  • Ketik 2 baris Command line berikut pada Terminal “defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles YES” dan “killall Finder” lalu tekan Return pada setiap baris.

Setiap Finder yang terbuka akan menghilang lalu muncul lagi, Saat Finder muncul lagi maka File dan Folder yang tersembuyi akan muncul pada Finder. Perintah baris pertama akan mengubah pengaturan AppleShowAllFiles pada Preferences menjadi YES. Perintah baris kedua akan mematikan dan menjalankan kembali Finder.

Setelah melakukan langkah diatas dengan benar maka folder Home anda seharusnya terlihat seperti gambar di pojok atas.

Cara Menyembunyikan kembali File Tersembunyi di Mac Menggunakan Terminal

Untuk menyembunyikan file yang memiliki atribut “hidden” menggunakan Terminal sangatlah mudah, anda bisa menggunakan perintah yang sama tapi mengganti “YES” menjadi “No” pada Perintah baris pertama.

defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles NO
killall Finder

Dengan perintah diatas, seharusnya file yang memiliki atribut “Hidden” pada Mac anda akan menghilang kembali.

Demikian artikel tentang cara menampilkan file yang tersembunyi di mac OS X Finder, jika menurut anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu banyak orang, maka tolong di Share. Thanks.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *