Cara Mempercepat Download Hingga 500%: Maksimalkan Kecepatan Koneksi Internet Anda

 Admin |  Update 24 February 2017 |   0 Comment
cara mempercepat download

Tidak puas dengan kecepatan download koneksi internet anda ? Pada artikel ini, Jejakwaktu akan membahas tentang cara mempercepat download hingga 500% dan alasan kenapa kecepatan download koneksi internet anda tidak bisa mencapai titik maksimal.

Setiap orang menginginkan kecepatan download koneksi internet yang tinggi, terutama saat kita sering mendownload file dengan ukurang yang besar seperti Film kualitas Bluray, Game, atau Software. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kecepatan download tinggi dan ideal seperti yang mereka inginkan.

Misalnya saja anda yang sedang membaca artikel ini, saya sangat yakin kalau anda belum puas dengan kecepatan download koneksi internet yang anda dapatkan saat ini. Kenapa saya sangat yakin ? karena anda masih membaca artikel yang membahas tentang cara mempercepat download ini, yang berarti bahwa anda belum puas dengan kecepatan download yang anda dapatkan saat ini dan ingin meningkatkannya, benar kan…?

Kenapa Anda Tidak Bisa Mendapatkan Kecepatan Download Ideal Seperti yang Anda Inginkan

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mempercepat download, alangkah baiknya bila anda terlebih dahulu mengetahui alasan kenapa anda tidak bisa mendapatkan kecepatan download ideal seperti yang anda inginkan.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan internet yang sudah lebih dari 10 tahun, ada 3 alasan dasar yang membuat pengguna internet (khususnya pemula) tidak bisa mendapatkan kecepatan download ideal seperti yang mereka inginkan:

1. Produk Layanan Internet yang Anda Pesan

Biasanya, Perusahaan penyedia jasa layanan internet seperti Telkom, Telkomsel, Smartfren dan penyedia jasa layanan internet lainnya akan membatasi kecepatan koneksi internet (kecepatan Download/Upload) sesuai dengan produk yang telah anda pesan, dan tentu saja itulah batas kecepatan koneksi internet yang bisa anda gunakan.

Misalnya saja, Anda memesan produk layanan internet dengan kecepatan download 3 Mbps, maka 3 Mbps itu merupakan kecepatan maksimal download koneksi internet Anda. Hal ini tidak bisa dirubah karena sudah diatur oleh Perusahaan penyedia jasa layanan internet itu sendiri.

Cara mempercepat download pada situasi ini:

Pesanlah Produk layanan internet yang lebih cepat dari yang anda pesan saat ini.

2. Kecepatan Download yang Diperbolehkan oleh Komputer Server dimana file Berada

Setiap file di internet disimpan pada sebuah komputer yang mengelola akses ke sumber daya terpusat atau layanan dalam sebuah jaringan yang disebut Komputer Server atau sering disebut Server.

Jika Server dimana file yang anda download berada membatasi kecepatan download hingga ketitik yang sangat rendah seperti Uploaded.net, Tusfiles.net dan server lain yang memberi kecepatan download yang rendah pada pengguna reguler, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan kecepatan download lebih dari batas yang telah ditentukan oleh perusahaan pengelola server kecuali Anda mengeluarkan uang untuk menyewa Akun Premium.

Misalnya saja, Server memberi batasan kecepatan download maksimal 1 Mbps pada Downloader/Pengguna reguler (pengguna yang tidak memiliki akun premium). Maka, 1 Mbps itulah kecepatan download maksimal yang bisa anda dapatkan, Anda tidak bisa mendapatkan kecepatan download yang lebih tinggi kecuali memiliki akun premium.

Cara mempercepat download pada situasi ini:

Carilah link file yang anda ingin download pada Server yang menyediakan layanan download dengan kecepatapan tinggi untuk pengguna reguler seperti Solidfiles.com, Google Drive, Uptobox.com dan situs sharing file lainnya yang memiliki server yang cepat.

3. Software Download Manager yang Anda Gunakan

Jika Anda hanya menggunakan fitur download bawaan dari web browser seperti Firefox, Google Chrome atau fitur download web browser lainnya. Percayalah Anda tidak akan pernah bisa memaksimalkan kecepatan download koneksi internet anda karena fitur download dari web browser tidak diprogram untuk memaksimakan kecepatan download koneksi internet.

Memilih software download manager yang tepat merupakan salah-satu hal yang sangat penting untuk memaksimalkan kecepatan download koneksi internet anda karena meskipun memiliki kecepatan download koneksi internet yang tinggi dan Server dari file yang akan anda download juga cepat, tetapi jika tidak menggunakan Software download manager yang tepat maka Anda tidak akan bisa “memaksa” kecepatan download koneksi internet anda ke titik maksimal.

Misalnya saja, Koneksi internet anda di rumah atau di kantor memiliki kecepadan download hingga 3 Mbps dan Server dari file yang anda download juga memperbolehkan untuk men-download file tersebut dengan kecepatan 3 Mbps, tetapi anda hanya mengunakan fitur download web browser untuk men-download file tersebut, maka kecepatan download yang anda dapatkan tidak akan bisa mencapai 3 Mbps karena anda salah dalam memilih software download manager.

Cara mempercepat download pada situasi ini:

Untuk mempercepat download, gunakan Software download manager khusus yang bisa “memaksa” kecepatan download suatu koneksi internet ke titik maksimal.

Cara Mempercepat Download dengan Internet Download Manager (IDM)

cara mempercepat download dengan idm

Untuk memaksimalkan kecepatan download suatu koneksi internet, anda harus menggunakan software download manager yang tepat. Saya pribadi sangat merekomendasikan Internet Download Manager bagi pengguna windows, dan sebenarnya Software ini juga merupakan software download manager favorit saya.

Internet Download Manager (sering disebut IDM) marupakan software download manager yang bisa meningkatkan kecepatan download hingga 5 kali lipat (500%) atau bahkan lebih. Software ini juga dilengkapi dengan fitur Resume dan Schedule Downloads.

Kemampuan Comprehensive Error Recovery dan Resume yang dimiliki Internet Download Manager (IDM) akan mengulang download yang rusak atau terputus yang disebabkan kehilangan koneksi, masalah jaringan, komputer yang tiba-tiba mati, atau listrik yang padam secara tiba-tiba. Selain itu, Grafis Interface yang sederhana membuat Internet Download Manager (IDM) user friendly dan mudah digunakan.

Cara Kerja Internet Download Manager (IDM)

Banyak downloader pemula yang mengira bahwa Internet Download Manager (IDM) bisa mempercepat koneksi internet sehingga proses download berjalan lebih cepat. Namun faktanya, pemikiran tersebut salah karena cara Internet Download Manager (IDM) mempercepat proses download tidaklah seperti itu.

Internet Download Manager (IDM) mempercepat proses download bukan dengan cara mempercepat koneksi internet, melainkan dengan menggunakan trik khusus agar bisa memaksimalkan kecepatan download dari server yang bersangkutan, sekaligus memaksimalkan kecepatan download koneksi internet agar semua resource digunakan saat proses download.

Secara normal ketika anda download file dari sebuah server, maka komputer anda akan melakukan request ke server tersebut dan mendownload dengan satu koneksi saja (Single File Stream). Namun sebenarnya kebanyakan server mengizinkan satu IP (Internet Protocol) untuk melakukan beberapa koneksi (Multiple File Stream). Nah… Internet Download Manager (IDM) memanfaatkan celah ini.

Ketika anda men-download file melalui Internet Download Manager (IDM), maka software download manager ini akan melakukan testing apakah server tersebut support koneksi Multiple File Stream untuk satu IP. Jika ternyata support, maka Internet Download Manager (IDM) akan melakukan request ke server tersebut dan akan mendapatkan detail Byte Stream dari file yang ingin anda download.

Internet Download Manager (IDM) kemudian akan membuat 8 request koneksi (bisa juga lebih dari 8 request jika anda mengubah setting-an request-nya) ke server tersebut dalam waktu yang bersamaan menggunakan Threads, setiap thread akan melakukan request untuk mendownload file dengan awal Byte Stream yang berbeda.

Contoh cara mempercepat download yang dilakukan Internet Download Manager (IDM):

Jika file yang didownload memiliki ukuran 8000 byte, maka Internet Download Manager (IDM) akan mengirimkan request sebanyak 8 koneksi untuk mendownload file tersebut dengan awal bytes yang berbeda.

  1. Request 1, byte awal = 0. Byte yang didownload: 0 – 999
  2. Request 2, byte awal = 1000. Byte yang didownload: 0 – 1999
  3. Request 3, byte awal = 2000. Byte yang didownload: 0 – 2999
  4. Request 4, byte awal = 3000. Byte yang didownload: 0 – 3999
  5. Request 5, byte awal = 4000. Byte yang didownload: 0 – 4999
  6. Request 6, byte awal = 5000. Byte yang didownload: 0 – 5999
  7. Request 7, byte awal = 6000. Byte yang didownload: 0 – 6999
  8. Request 8, byte awal = 7000. Byte yang didownload: 0 – 8000

Karena melakukan 8 request downlaod ke file yang sama secara bersamaan dengan byte awal yang berbeda, maka server memberikan alokasi bandwidth tersendiri untuk masing-masing koneksi. Hasilnya, proses download bisa berjalan dengan lebih cepat dibandingkan dengan melakukan download melalui satu koneksi saja.

Setelah proses download selesai, Internet Download Manager (IDM) akan menggabungkan semua pecahan file yang telah didownload menjadi satu file utuh dan kemudian siap untuk digunakan.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.