Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
cara melihat spesifikasi laptop atau komputer

Ada banyak alasan kenapa anda harus mengetahui spesifikasi laptop atau komputer yang sedang anda gunakanan. Misalnya, bila anda ingin menginstal software yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti software untuk mengolah Gambar atau Foto (Photoshop atau sejenisnya), mengolah Video seperti (Adobe Premiere atau sejenisnya), atau memainkan Game Berat seperti Call of Duty, maka anda harus tahu cara melihat spesifikasi laptop atau komputer anda untuk membandingkan spesifikasi komputer yang anda miliki dengan syarat spesifikasi komputer yang harus dipenuhi untuk menginstal dan menjalankan Software atau Game tersebut.

Setiap Software atau Game membutuhkan komputer dengan spesifikasi tertentu agar bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Biasanya perusahaan pengembang Software atau Game memberi 2 pilihan spesifikasi, yaitu Minimum Requirements (syarat minimal spesifikasi laptop atau komputer yang harus dipenuhi) dan Recommended Requirements (spesifikasi laptop atau komputer yang direkomendasikan).

Dengan memenuhi Minimum Requirements maka anda akan bisa menjalankan Software atau Game tersebut namun belum tentu bisa berjalan dengan maksimal (biasanya ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan). Akan tetapi, bila memenuhi Recommended Requirements maka anda akan bisa menjalankan Software atau Game dengan baik dan maksimal di komputer anda.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

Beberapa laptop memiliki sticker yang menunjukkan spesifikasi laptop tersebut. Namun tidak semua laptop memilikinya. Adapun spesifikasi laptop atau komputer yang sering dan penting diketahui adalah CPU (Central Processing Unit/Processor), RAM (Random Access Memory), VGA (Video Graphics Array) dan Hard Disk/SSD.

Untuk memeriksa spesifikasi laptop atau komputer, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Cara Pertama

Melalui jendela System pada Control Panel. Adapun cara melihat spesifikasi laptop atau komputer melalui jendela System pada Control Panel adalah sebagai berikut:

  • Cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Windows + Pause pada keyword, atau
  • Klik kanan pada icon Windows lalu pilih System, atau
  • Masuk ke Control Panel > System and Security > System.

Lalu akan muncul jendela seperti Gambar dibawah.

cara melihat spesifikasi laptop atau komputer 1

Pada gambar diatas, anda bisa melihat spesifikasi CPU dan RAM laptop atau komputer anda. Selain itu, anda juga bisa melihat beberapa informasi tambahan yang juga penting anda ketahui, seperti versi System Operasi, Bit System Operasi (32 bit atau 64 bit) dan Nama Komputer.

2. Cara Kedua

Melalui jendela DirectX Diagnostic Too. Adapun cara melihat spesifikasi laptop atau komputer melalui DirectX Diagnostic Too adalah sebagai berikut:

Klik kanan pada icon Windows lalu pilih Run atau tekan tombol Windows + R pada keyboard, setelah jendela Run muncul lalu ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter atau klik tombok Ok.

Bila anda melakukannya dengan benar, maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool seperti pada gambar dibawah.

cara melihat spesifikasi laptop atau komputer
cara melihat spesifikasi laptop atau komputer

Pada gambar diatas, anda bisa melihat informasi laptop atau komputer, baik Hardware maupun Software. Meskipun anda bisa melihat spesifikasi CPU dan RAM, namun tidak dengan informasi VGA. Untuk melihat informasi VGA klik tab Display, lalu di Frame/kotak Device anda bisa melihat informasi VGA laptop atau komputer anda seperti Nama VGA, Memory VGA, dll. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah.

cara melihat spesifikasi laptop atau komputer 2

3. Cara Ketiga

Melalui Device Manager. Adapun cara melihat spesifikasi laptop atau komputer melalui device manager adalah sebagai berikut:

Klik icon Windows, atau tekan tombol icon windows pada keyboard, lalu ketik “device manager” (tanpa tanda kutip), dan tekan Enter. Bila anda melakukannya dengan benar, maka akan muncul jendela Device Manager seperti pada gambar dibawah.

cara melihat spesifikasi laptop atau komputer 3

Pada jendela Device Manager, anda bisa melihat informasi hardware yang terinstal di laptop atau komputer anda, seperti CPU, VGA, RAM, Hard Disk/SSD, dan masih banyak lagi.

 

Demikian penjelasan tentang cara melihat spesifikasi laptop atau komputer, Jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa di share, Thanks.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *