Cara Melakukan Screenshot di Mac OS X El Capitan

 Zhul Note |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
cara melakukan screenshot di mac

Melakukan Screenshot di Mac OS X El Capitan merupakan hal yang sangat mudah dan sederhana, tetapi jika anda tidak tahu dan tidak punya petunjuk bagaimana melakukannya maka hal itu bisa membuat anda stres dan frustasi. tapi anda tidak perlu pusing lagi karena pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan screenshot di Mac OS X El Capitan.

Macintosh OS X El Capitan menawarkan beberapa cara yang berbeda untuk mengambil gambar layar atau Melakukan Screenshot. Anda bisa mencetak gambar layar pada daerah tertentu saja atau mengambil seluruh gambar layar pada jendela Mac anda, kedua pilihan ini akan mencetak gambar pada area yang diinginkan saat melakukan screenshot.

Versi awal OS X El Capitan akan menampilkan screenshot atau print screen sebagai “Gambar #“, jadi apabila gambar yang ingin anda cetak adalah gambar ke 4 maka akan diberi label sebagai “Gambar 4“, setelah melakukan Screenshot maka anda bisa memeriksa hasilnya pada file gambar bernama “Gambar 4″ pada direktori Desktop. Anda dapat melakukan screenshot pada email, dokumen word, dll.

Berikut cara melakukan screenshot di Mac OS X El Capitan.

Mencetak Item atau Area Tertentu Saja

1. Buka item atau area yang ingin anda certak.

2. Tekan Command + Shift + 4 dan kemudian lepas semua tombolnya.

3. Kursor anda akan berubah menjadi crosshairs yang bisa anda gerakkan dengan bebas.

4. Tarik kursor ke area yang ingin anda jadikan sebagai salah satu sudut gambar. lalu tekan tombol mouse kebawan dan tarik kursor diatas area yang ingin anda cetak.

5. Setelah memilih area yang ingin anda cetak, lepaskan tombol mouse maka gambar layar akan dicetak.

Mencetak Semua Jendela Layar

1. Pastikan gambar yang ada di layar anda andalah gambar yang ingin anda cetak.

2. Tekan Command + Shift + 3 dan kemudian lepas semua tombolnya.

3. Sekarang, periksa direktori Desktop anda, seharusnya anda melihat file “.jpg” baru yang berisi gambar layar yang baru saja anda cetak.

Langkah-langkah diatas bisa dilakukan pada MacBook Pro dan MacBook Air yang menggunakan Mac OS X El Capitan.

 

Demikian penjelasan tentang cara melakukan screenshot di Mac OS X El Capitan, jika menurut anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu banyak orang, maka tolong di Share. Thanks.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *