Cara Kerja dan Kelebihan Teknologi Dual Kamera pada Smartphone

 Zhul Notes |  Update 20 April 2017 |   0 Comment
Cara Kerja dan Kelebihan Teknologi Dual Kamera pada Smartphone

Saat ini, penggunaan teknlogi dual kamera pada smartphone menjadi tren, para vendor smartphone ternama mulai menggunakan teknologi ini pada smartphone terbaru mereka. Sebut saja Huawei P9, Xiaomi Mi 5s Plus, iPhone 7 Plus dan yang terbaru LG G6.

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Untuk apa smartphone menggunakan dual kamera?, dan apa kelebihan smartphone yang menggunakan dual kamera ?“. Soalnya, kamera DSLR saja hampir tidak ada yang menggunakan teknologi dual kamera. Nah, untuk mengetahui alasan, dan kelebihannya, anda harus tahu cara kerja dual kamera pada smartphone terlebih dahulu.

Cara Kerja Dual Kamera pada Smartphone

Teknologi dual kamera pertama kali diperkenalkan oleh Huawei (pada Huawei Honor 6 Plus). Mengusung dua lensa beresolusi 8MP, banyak yang bertanya-tanya “Apakah resolusi fotonya jadi setara dengan 16MP?“. Jawabannya, TIDAK.

Teknologi dual kamera pada smartphone menggunakan dua frame dari dua lensa yang berbeda, untuk kemudian digabungkan menjadi satu foto atau video. Dengan simulasi seperti mata manusia, hasil gambar yang diambil pun memiliki ruang dimensi yang lebih hidup

Smartphone yang menggunakan teknologi dual kamera, satu lensa utama ditujukan untuk mengambil gambar utama, dan lensa kedua digunakan untuk mengambil detail. Adapun detailnya bisa berupa lensa monokrom seprti di Huawei P9 atau zoom seperti di iPhone 7 Plus. Tergantung keperluan vendor.

Kelebihan Teknologi Dual Kamera pada Smartphone

Lalu apa saja kelebihan smartphone yang menggunakan teknologi dual kamera? berikut penjelasannya.

1. Sensor yang Lebih Besar

Kelemahan terbesar smartphone jika dibandingkan dengan kamera DSLR dan kompak high-end adalah ukuran sensor. Smartphone memiliki sensor yang kecil, sedangkan bisa dikatakan bahwa semakin besar sensor maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Meskipun sebenarnya kualitas gambar tidak hanya di tentukan oleh sensor, tetapi masih ada beberapa variabel lainnya, seperti kepadatan piksel dan image-processing serta kualitas lensa yang digunakan.

Tapi sederhananya, sebuah sensor yang lebih besar memiliki photosites yang lebih besar dan pintar. Photosites yang besar tampil jauh lebih baik dalam gelap dan mengambil detail. Jadi dengan menggunakan dua sensor kecil, kamera smartphone dapat mensimulasikan efek dari sensor yang lebih besar.

Ini merupakan hal penting, karena menempatkan sebuah sensor besar pada smartphone memiliki tantangan dari sisi ketebalan dan ukuran lensa. Berbekal dua sensor, memberikan area dua kali lebih luas bagi sebuah smatphone untuk mengumpulkan informasi dan cahaya.

Artinya, dengan menggunakan teknologi dual kamera (Dual Sensor) maka smartphone dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dalam kondisi redup dan juga HDR. Dual kamera juga bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi autofokus.

2. Zoom yang Lebih Bagus

Cara terbaik untuk melakukan zoom menggunakan kamera smartphone adalah posisi memotret harus lebih dekat dengan objek foto. Tapi tentunya Anda tidak ingin repot melakukan hal tersebut, kan?

Teknologi dual kamera bisa menjadi cara terbaik untuk membuat optical zoom ke dalam perangkat mobile. Seperti dimiliki oleh LG G5, yang menggabungkan kamera smartphone “normal” dengan super wide-angle.

Optical zoom merupakan cara yang baik untuk memperbesar objek yang jauh dengan menggunakan lensa.

3. Dept of Field (DoF)

Smartphone masa kini bisa mengambil banyak gambar bagus, terutama di siang hari. Tapi satu hal yang tidak bisa ditiru adalah ruang tajam atau bisa disebut DoF.

Hampir mustahil membuat kombinasi lensa dan sensor yang bisa memberikan DoF bagus seperti kamera profesional.

Namun dengan dua lensa, memungkinkan untuk mengukur kedalaman informasi yang bisa digunakan secara efektif meniru DoF setelah pemrosesan gambar. Selain itu, anda juga bisa menyesuaikan besaran DoF yang diinginkan.

Sekarang Anda sudah tahu kan cara kerja dan kelebihan teknologi dual kamera pada smartphone. Gimana, masih ragu menggunakan smartphone dengan teknologi dual kamera? Jangan lagi deh! Apalagi jika Anda adalah orang yang suka menggunakan smartphone untuk berburu foto-foto keren.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.