Benarkah Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet ?

 Zhul Al Gray |  Update 11 April 2017 |   0 Comment
Benarkah Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet ?

Seringkali kita melihat orang-orang mencabut baterai laptop mereka dan memilih untuk menggunakan aliran listrik secara langsung dengan alasan agar daya tahan laptop mereka lebih awet, namun apakah benar demikian? Atau apakah berbahaya tetap menyambungkan charger ke laptop saat baterai laptop sudah penuh ? Melalui artikel ini, Jejak Waktu akan jawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Baterai laptop yang beredar secara luas saat ini berjenis Li-Ion atau Lithium-Ion dan bekerja dengan cara mengalirkan ion dari anoda ke katoda melalui elektrolit dan separator. Proses tersebut pasti akan bekerja ketika Anda menggunakan baterai, dan tentu saja akan menghasilkan energi yang mengakibatkan baterai berkurang secara bertahap.

Ketika Anda melakukan proses charge, energi-energi akan membuat ion yang sebelumnya telah berpindah dari anoda ke katoda menjadi berbalik ke tempat semula. Inilah yang membuat baterai Anda terisi kembali.

Namun semua proses tersebut akan melemah secara perlahan. Ion akan terperangkap di anoda dan inilah yang biasanya kita sebut dengan “baterai bocor” karena baterai cepat berkurang seiring dengan usianya.

Sebenarnya kemampuan baterai sudah mulai berkurang secara perlahan dimulai saat pertamakali baterai tersebut dibuat. Selain itu, baterai juga akan cepat bocor apabila mengalami 5 hal seperti Voltase tinggi dan overcharge, Panas, Suhu rendah, Disimpan terlalu lama dan Benturan keras.

Benarkah Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet ?

Jawabannya adalah YA, Anda sebaiknya mencabut baterai dari laptop agar tetap awet. Namun jangan pernah mencabut baterai saat laptop masih dalam keadaan menyalah, meskipun charger sedang terpasang pada saat itu. Alasannya adalah karena tindakan tersebut akan menimbulkan resiko yang berbahaya untuk laptop itu sendiri dan juga penggunanya.

Cara Menjaga Performa Baterai Laptop Agar Tetap Optimal

Hal berikut juga sebaiknya Anda perhatikan agar performa baterai laptop tetap optimal, bukan hanya harus mencabut baterai laptop:

  1. Jangan menghabiskan baterai hingga kurang dari 15%.
  2. Habiskan baterai hingga 15% secara berkala, kemudian charge hingga penuh. Lakukan tindakan ini setiap beberapa minggu sekali.
  3. Charge dalam voltase yang pas atau lebih rendah.
  4. Meskipun laptop modern dapat memutus aliran listrik ketika baterai telah penuh, lebih baik jangan tinggalkan baterai dalam kondisi terpasang, demi menghindari paparan panas dari laptop yang dapat mengurangi performa baterai.

Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.