Apa Itu VPN (Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contoh VPN)

 Admin |  Update 24 June 2017 |   0 Comment
apa itu vpn (virtual private network), pengertian, cara kerja, dan manfaat

Apa itu VPN ?, Pertanyaan ini sering saya dengar/lihat, entah saat sedang hangout di internet seperti di forum komunistas komputer atau social media, atau saat hangout di dunia nyata.

Oleh karena itu, pada artikel ini, Jejak Waktu akan menjelaskan dengan lengkap apa itu VPN, cara kerja, manfaat, contoh penggunaan VPN, dan beberapa poin penting lain yang perlu Anda ketahui.

Pengertian VPN (Apa Itu VPN)

VPN, singkatan dari Virtual Private Network, adalah teknologi jaringan yang menyediakan koneksi yang aman melalui jaringan publik seperti Wi-Fi dan Internet, atau jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan internet.

VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan. Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Cara Kerja VPN

Sekarang sudah tahu kan apa itu VPN? Selanjutnya mari kita lihat bagaimana cara kerja VPN itu sendiri.

Normalnya, saat Anda terhubung ke internet, Anda terlebih dahulu terhubung ke ISP, lalu ISP menghubungkan anda ke website apapun (atau sumber daya lainnya di internet) yang ingin anda kunjungi. Semua lalu lintas internet Anda melewati server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.

Namun ketika anda menggunakan VPN, teknologi ini akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer anda dengan komputer server yang anda akses. VPN juga akan menyembunyikan alamat IP Address asli anda dibalik salah satu IP provider VPN. Selain itu, VPN akan meng-enkripsi semua data anda dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).

Berikut ilustrasi perbedaan saat Anda menggunakan atau tidak menggunakan VPN:

apa itu vpn, cara kerja vpn

Manfaat VPN

Setelah mengetahui apa itu VPN dan bagaimana cara kerja VPN, maka saatnya kita memahami apa sebebarnya manfaat VPN itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak manfaat saat kita menggunakan VPN. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Mengganti IP Asli dengan IP Anonim

Salah satu manfaat VPN adalah melindungi IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan mneggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan salah satu IP server VPN.

Misalnya, IP anda adalah IP Indonesia 36.85.1.79. Lalu Anda menggunakan VPN server Amerika maka IP Anda akan berubah menjadi 2.354.452.2. Dengan ini, Anda tidak hanya bisa mengakses situs yang diblokir di Indonesia, tetapi IP asli Anda juga akan tetap anonim dan bahkan ISP tidak dapat melacak jejak Anda.

2. Mengenkripsi Data Anda

Enkripsi adalah suatu metode untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat mengaksesnya, dan VPN merupakan alat terbaik untuk mengenkrpsi data.

Bila anda mentransfer data melalui internet, data tersebut akan dikirim dalam bentuk paket. Paket-paket data ini dapat dengan mudah disadap oleh siapapun yang menggunakan program-program sederhana yang tersedia di internet. Misalnya, Anda mengirim surat ke pacar anda melalui temannya, surat itu tidak dimasukkan kedalam amplop, sehingga siapapun dapat membuka dan membacanya.

Tetapi bagaimana jika anda menulis surat dalam bentuk kode yang hanya pacar anda yang bisa memahaminya, lalu melampirkan surat tersebut dalam amplog dan kemudian memberi segel pada amplop tersebut. Dengan cara ini, tidak akan ada yang bisa membukanya.

3. Menghindari Sensor dan Geo-Restriction (Pembatasan secara Geografi)

Saat ini, sensor dan pembatasan hak-hak kebebasan dalam berbicara di internet meningkat dengan cepat, baik itu dilakukan oleh pemerintah, atau pihak-pihak tertentu. Di banyak daerah di dunia, Anda tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat. Oleh karena itu, penggunaan VPN juga meningkat dengan cepat.

VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari Sensor dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara seperti Uzbekistan atau Republik Kongo, di mana mengungkapkan pendapat sangat dilarang, maka Anda dapat menggunakan VPN dan menggunakan server negara lain seperti Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses website yang diblokir dan mendapatkan hak anda dalam berbicara dengan bebas.

4. Mengakses Website dan Apps yang Diblokir dari mana saja dan kapan saja

Beberapa negara atau daerah memblokir konten (misalnya video atau informasi tertentu) mereka sehingga tidak bisa diakses dari luar. Hampir mustahil untuk mengakses konten tersebut, kecuali anda berada di daerah tersebut secara fisik.

Namun dengan VPN, Anda bisa mengakses konten-konten tersebut. Cukup dengan hanya menyamarkan IP anda dengan salah satu IP negara tersebut, maka Anda dapat mengakses konten yang hanya bisa di akses dari dalam negara tersebut karena sistem akan mendeteksi jika anda berada di negara tersebut (meskipun sebenarnya anda tidak disana).

Misalnya negara Amerika, Jika ingin menonton film atau video tertentu yang hanya bisa di lakukan bila Anda secara fisik berada di Amerika, maka gunakan VPN dengan server Amerika dan dengan demikian Anda akan mendapatkan hak akses yang sama seperti warga negara amerika di internet. Begitu pula jika Anda berada di sebuah negara dimana twitter dilarang. Anda hanya perlu menggunakan VPN untuk mengakses Twitter.

5. Melindungi dan Mengamankan Data saat Anda Menggunakan Koneksi WiFi Umum

Bila Anda menggunakan koneksi WiFi di tempat umum (misalnya di bandara atau di cafe), seluruh aktivitas browsing Anda saat terhubung ke wifi bisa diawasi dan dimata-matai oleh siapapun. Sangat mungkin bagi orang yang berada di sampung anda dapat membaca data atau informasi yang anda kirim atau terima.

Bagian terburuknya, sangat mudah bagi para hacker untuk menciptakan evil twin Wi-Fi, yang dapat membingungkan anda untuk mengetahui jika anda terhubung dengan wifi yang asli atau atau wifi jebakan.

Ketika terhubung ke WiFi publik, maka anda menggunakan jaringan yang tidak aman. Semua data dan informasi yang anda kirim, termasuk yang paling sensitif seperti informasi kartu kredit, dapat dengan mudah dicuri oleh hacker.

Namun dengan enkripsi kelas militer yang kuat. VPN dapat melindungi dan mengamankan session browsing Anda dan menjaga agar data yang Anda kirim tetap aman dari hacker.

6. Akses yang Tidak Terbatas untuk Ekspatriat dan Wisatawan

Apakah Anda seorang ekspatriat yang tinggal jauh dari rumah ? atau, apakah Anda sering bepergian ? Apakah Anda kehilangan acara dan film favorit yang ditanyangkan di saluran negeri ? Nah, dengan VPN, Anda bisa mengakses saluran negara Anda dan menonton semua film favorit Anda dari mana saja.

Wisatawan biasanya menghadapi masalah ketika mereka tidak bisa mengakses profil online dan rekening bank mereka karena IP yang digunakan berbeda dari negara asal mereka. Apabila Anda menghadapi masalah ini ? Cukup dengan menggunakan VPN, maka semua masalah Anda diatas akan selesai.

Contoh Aplikasi VPN

Bila Anda tertarik ingin menggunakan VPN, maka berikut 3 aplikasi yang bisa anda gunakan.

1. Opera

Saat ini, web browser opera telah dilengkapi dengan fitur VPN, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut.

2. Hotspot Shield

3. Tunnel Bear


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.