Apa Itu VPN: Memahami Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat VPN

 Zhul Al Gray |  Update 11 March 2017 |   3 Comments
apa itu vpn (virtual private network), pengertian, cara kerja, dan manfaat

Apa itu VPN ?, Pertanyaan ini sering saya dengar/lihat, entah saat saya sedang hangout di internet seperti di forum komunistas komputer atau social media, atau saat hangout di dunia nyata. Oleh karena itu, Jejak Waktu akan menjelaskan dengan lengkap apa itu VPN, cara kerja, manfaat, dan beberapa poin penting lain yang perlu Anda ketahui.

Pengertian VPN

VPN, singkatan dari Virtual Private Network, adalah teknologi jaringan yang menyediakan koneksi yang aman melalui jaringan publik seperti Wi-Fi dan Internet, atau jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan internet.

VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan. Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Cara Kerja VPN

Normalnya, saat Anda terhubung ke internet, Anda terlebih dahulu terhubung ke ISP, lalu ISP menghubungkan anda ke website apapun (atau sumber daya lainnya di internet) yang ingin anda kunjungi. Semua lalu lintas internet Anda melewati server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.

Namun ketika anda menggunakan VPN, teknologi ini akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer anda dengan komputer server yang anda akses. VPN juga akan menyembunyikan alamat IP asli anda dibalik salah satu IP provider VPN. Selain itu, VPN akan meng-enkripsi semua data anda dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).

Berikut ilustrasi perbedaan saat Anda menggunakan atau tidak menggunakan VPN:

apa itu vpn, cara kerja vpn

Manfaat VPN

Ada banyak manfaat saat menggunakan VPN. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Mengganti IP Asli dengan IP Anonim

Salah satu manfaat VPN adalah melindungi IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan mneggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan salah satu IP server VPN.

Misalnya, IP anda adalah IP Indonesia 36.85.1.79. Lalu Anda menggunakan VPN server Amerika maka IP Anda akan berubah menjadi 2.354.452.2. Dengan ini, Anda tidak hanya bisa mengakses situs yang diblokir di Indonesia, tetapi IP asli Anda juga akan tetap anonim dan bahkan ISP tidak dapat melacak jejak Anda.

2. Mengenkripsi Data Anda

Enkripsi adalah suatu metode untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat mengaksesnya, dan VPN merupakan alat terbaik untuk mengenkrpsi data.

Bila anda mentransfer data melalui internet, data tersebut akan dikirim dalam bentuk paket. Paket-paket data ini dapat dengan mudah disadap oleh siapapun yang menggunakan program-program sederhana yang tersedia di internet. Misalnya, Anda mengirim surat ke pacar anda melalui temannya, surat itu tidak dimasukkan kedalam amplop, sehingga siapapun dapat membuka dan membacanya.

Tetapi bagaimana jika anda menulis surat dalam bentuk kode yang hanya pacar anda yang bisa memahaminya, lalu melampirkan surat tersebut dalam amplog dan kemudian memberi segel pada amplop tersebut. Dengan cara ini, tidak akan ada yang bisa membukanya.

3. Menghindari Sensor dan Geo-Restriction (Pembatasan secara Geografi)

Saat ini, sensor dan pembatasan hak-hak kebebasan dalam berbicara di internet meningkat dengan cepat, baik itu dilakukan oleh pemerintah, atau pihak-pihak tertentu. Di banyak daerah di dunia, Anda tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat. Oleh karena itu, penggunaan VPN juga meningkat dengan cepat.

VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari Sensor dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara seperti Uzbekistan atau Republik Kongo, di mana mengungkapkan pendapat sangat dilarang, maka Anda dapat menggunakan VPN dan menggunakan server negara lain seperti Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses website yang diblokir dan mendapatkan hak anda dalam berbicara dengan bebas.

4. Mengakses Website dan Apps yang Diblokir dari mana saja dan kapan saja

Beberapa negara atau daerah memblokir konten (misalnya video atau informasi tertentu) mereka sehingga tidak bisa diakses dari luar. Hampir mustahil untuk mengakses konten tersebut, kecuali anda berada di daerah tersebut secara fisik.

Namun dengan VPN, Anda bisa mengakses konten-konten tersebut. Cukup dengan hanya menyamarkan IP anda dengan salah satu IP negara tersebut, maka Anda dapat mengakses konten yang hanya bisa di akses dari dalam negara tersebut karena sistem akan mendeteksi jika anda berada di negara tersebut (meskipun sebenarnya anda tidak disana).

Misalnya negara Amerika, Jika ingin menonton film atau video tertentu yang hanya bisa di lakukan bila Anda secara fisik berada di Amerika, maka gunakan VPN dengan server Amerika dan dengan demikian Anda akan mendapatkan hak akses yang sama seperti warga negara amerika di internet. Begitu pula jika Anda berada di sebuah negara dimana twitter dilarang. Anda hanya perlu menggunakan VPN untuk mengakses Twitter.

5. Melindungi dan Mengamankan Data saat Anda Menggunakan Koneksi WiFi Umum

Bila Anda menggunakan koneksi WiFi di tempat umum (misalnya di bandara atau di cafe), seluruh aktivitas browsing Anda saat terhubung ke wifi bisa diawasi dan dimata-matai oleh siapapun. Sangat mungkin bagi orang yang berada di sampung anda dapat membaca data atau informasi yang anda kirim atau terima.

Bagian terburuknya, sangat mudah bagi para hacker untuk menciptakan evil twin Wi-Fi, yang dapat membingungkan anda untuk mengetahui jika anda terhubung dengan wifi yang asli atau atau wifi jebakan.

Ketika terhubung ke WiFi publik, maka anda menggunakan jaringan yang tidak aman. Semua data dan informasi yang anda kirim, termasuk yang paling sensitif seperti informasi kartu kredit, dapat dengan mudah dicuri oleh hacker.

Namun dengan enkripsi kelas militer yang kuat. VPN dapat melindungi dan mengamankan session browsing Anda dan menjaga agar data yang Anda kirim tetap aman dari hacker.

6. Akses yang Tidak Terbatas untuk Ekspatriat dan Wisatawan

Apakah Anda seorang ekspatriat yang tinggal jauh dari rumah ? atau, apakah Anda sering bepergian ? Apakah Anda kehilangan acara dan film favorit yang ditanyangkan di saluran negeri ? Nah, dengan VPN, Anda bisa mengakses saluran negara Anda dan menonton semua film favorit Anda dari mana saja.

Wisatawan biasanya menghadapi masalah ketika mereka tidak bisa mengakses profil online dan rekening bank mereka karena IP yang digunakan berbeda dari negara asal mereka. Apabila Anda menghadapi masalah ini ? Cukup dengan menggunakan VPN, maka semua masalah Anda diatas akan selesai.

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


3 responses to “Apa Itu VPN: Memahami Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat VPN”

  1. В компании обслуживает скважины, производит Обслуживание систем отопления.

    В Сервисе вы можете купить МЕШАЛКИ, Резервуары и емкости цилиндрические (РВС, РГС), Лопастные мешалки, Сжигание осадков сточных вод, Смотровые колодцы, Дренажный блок инфильтрационный (БИЗ), Канализационные насосные станции (КНС), ОДЪЕМНЫЕ УСТРОЙСТВА И МЕТАЛЛОКОНСТРУКЦИИ Подъемники, ВОДООЧИСТНОЕ ОБОРУДОВАНИЕ Комплексы реагентного хозяйства (КРХ), ПОДЪЕМНЫЕ УСТРОЙСТВА И МЕТАЛЛОКОНСТРУКЦИИ Ангары, Павильоны, ОЧИСТКА ЛИВНЕВЫХ СТОЧНЫХ ВОД Пескоотделители, НАСОСНОЕ И КОМПРЕССОРНОЕ ОБОРУДОВАНИЕ (Грунфос, КСБ, Вило, КИТ, Взлёт, ТВП) Дозирование и разгрузка, ВОДОПОДГОТОВКУ Установки фильтрации и предподготовки, а также все для автомойки Очистное сооружение для моек легкового транспорта.

    У нас вы найдете Ремонт очистных сооружений, а также Коллектора, мы можем произвести Насосы для скважин. Бурение скважин на воду, Оценка запасов подземных вод, Ремонт систем водоснабжения.

    Гидродинамическая очистка скважин : [url=https://rstahl.ru ] Диагностика скважин[/url]

  2. Может быть, на школьном собрание учитель высказал обеспокоенность тем, что у ребенка случаются проблемы с некоторыми речевыми или языковыми навыками. Или может быть вы в свое время разговаривая с дочерью/сыном подметили нечаянное шепелявость? Может ли у вашего ребенка быть проблема? Если это так, что нужно делать? Все ребята формируются по разному, и для некоторых трансформация начиная от легких слов к отлично выраженному и грамматически верному предложению потребуется пару лет,а иные едва ли не сразу( к 1 году) начинают без умолка болтать. Но к 5 годам ребенок должен(на) уметь не только излагать примитивные предложения, заключающиеся из двух, трёх слов, но и дополнительно логично делать длинные выражения. Осмотр сертифицированным логопедом помогает выяснить, есть ли у малыша трудности в речи. Kогопедическое занятие – это помощь для большей части наших детей с патологиями речи и / или языка,или ЗПР.
    Деткам может потребоваться помощь профессионала логопеда по разным причинам, вам надо направить малыша к специалисту, если: ” Вам или остальным людям трудно понять вашего ребенка. ” Люди полагают, что ребёнок младше, нежели все они, благодаря тому что он плохо говорит. ” Вашего ребенка дразнят из-за того факта, как он разговаривает. ” Ваш ребенок при разговоре заикаится.
    ПОЛИКЛИНИКА ЛЕЧЕНИЯ ЗАДЕРЖКИ ПСИХОРЕЧЕВОГО РАЗВИТИЯ призван(а) помогать вашему малышу справиться с задержкой речи. Сделайте звонок нам, приходите на ознакомительное занятие, и мы несомненно поможем малышу.

    [url=https://nadejda-centr.ru/]логопед дефектолог курсы переподготовки[/url]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *