Apa itu Torrent dan BitTorrent: Pengertian, Cara Kerja, dll

 Zhul Al Gray |  Update 17 May 2017 |   0 Comment
apa itu torrent dan bittorrent

Mengenal apa itu Torrent dan BitTorrent, bagaimana cara kerjanya, dan beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam protokol BitTorrent seperti Tracker, Seed/Seeder, Peer dan Leecher.

Bagi Anda yang sering men-download file di internet, pastinya pernah mendengar kata “Torrent” dan “BitTorrent”, atau mungkin anda malah sering menggunakan BitTorrent untuk men-download berbagai macam file seperti Video, Game atau Software di Internet. Namun tahukah anda apa itu Torrent dan BitTorrent, serta bagaimana cara kerjanya ?

Pada artikel ini, JejakWaktu akan membahas apa itu Torrent dan BitTorrent, serta bagaimana cara kerjanya sehingga anda tidak hanya bisa menggunakannya tetapi juga mengetahui apa yang sedang anda lakukan dan apa yang terjadi saat anda menggunakan BitTorrent.

Apa itu BitTorrent ?

BitTorrent adalah protokol transfer berkas (bahasa inggris: File Transfer Protocol atau sering disingkat FTP) peer-to-peer yang digunakan untuk berbagi data dan file elektronik dalam jumlah besar melalui Internet, di mana setiap bagian file yang didownload oleh pengguna ditransfer ke pengguna lain.

Dengan kata lain, jika anda men-download sebuah file melalui protokol BitTorrent, maka sebenarnya Anda men-download file tersebut dari berbagai komputer orang lain yang juga sedang (atau sudah) men-download file tersebut. Dan pada waktu yang bersamaan, komputer Anda juga menjadi sumber bagi komputer orang lain untuk men-download file tersebut.

BitTorrent merupakan salah satu protokol yang paling umum digunakan untuk mentransfer file dalam jumlah yang besar, seperti file digital video yang berisi acara TV, Film, video klip atau file audio digital yang berisi lagu-lagu.

Apa itu Torrent (File Torrent) ?

Dalam sistem distribusi file BitTorrent, File Torrent (sering disebut Torrent saja) adalah file komputer yang berisi metadata tentang file dan folder yang akan didistribusikan, dan biasanya juga berisi daftar lokasi jaringan Tracker.

Tracker merupakan komputer server (bisa terdiri dari satu atau banyak komputer server) yang membantu para peserta/pengguna dalam sistem untuk saling menemukan satu sama lain dan membentuk grup distribusi efisien yang disebut Swarm.

Sebuah File Torrent berekstensi .torrent, contoh NamaFile.torrent. File Torrent tidak mengandung konten yang akan didistribusikan, tapi hanya berisi informasi tentang file yang akan didistribusikan, seperti nama, ukuran, struktur folder, dan nilai-nilai hash kriptografi untuk memverifikasi integritas File.

Cara Kerja File Torrent dan BitTorrent

apa itu torrent dan bittorrent

Yang membuat protokol BitTorrent unik adalah karena protokol untuk transfer file ini mendistribusikan file yang sedang di-share ke semua pengguna yang telah men-download atau sedang dalam proses men-download file tersebut.

Karena BitTorrent memecah dan mendistribusikan file dalam ratusan potongan kecil, Anda bahkan tidak perlu men-download seluruh file terlebih dahulu untuk men-share file tersebut. Begitu Anda memiliki bahkan hanya sepotong file, Anda dapat mulai share potongan file tersebut ke pengguna lain.

Inilah yang membuat proses download menggunakan protokol Bittorrent begitu cepat bila banyak orang yang men-download file secara bersamaan atau file yang sedang didownload memiliki banyak Seed atau Peer.

Cara Download File menggunakan BitTorrent

Untuk men-download sebuah file seperti video menggunakan BitTorrent, Anda harus mencari dan men-download File Torrent terlebih dahulu dan kemudian membukanya dengan BitTorrent Client Anda.

BitTorrent Client merupakan Program yang mengatur proses download BitTorrent, berikut BitTorrent Client yang cukup populer:

Contoh Kasus:

apa itu torrent dan bittorrent

Ketika Anda men-download sebuat file menggunakan BitTorrent Client, maka program tersebut akan menggunakan semua informasi yang ada pada File Torrent untuk berkomunikasi dengan Tracker.

Tracker kemudian mencoba mendeteksi komputer lain yang sedang atau sudah selesai men-download file yang ingin anda download.

Setelah proses deteksi selasai, maka BitTorrent Client akan mulai men-download pecahan demi pecahan file tersebut dari komputer lainnya. Pada saat yang sama, Anda juga langsung masuk kedalam network dan orang lain juga bisa men-download pecahan file yang sudah anda download.

Setelah seluruh pecahan file terdownload, maka BitTorrent Client akan menyatukan pecahan file tersebut menjadi file utuh dan kemudian siap untuk Anda gunakan.

Setelah selasai men-download file dan file tersebut telah disatukan (jika BitTorrent Clien anda masih jalan dan komputer masih terkonekasi ke internet), maka komputer anda akan langsung berperan sebagai Seed/Seeder.

Istilah pada Protokol BitTorrent

Jika anda sering menggunakan BitTorrent, maka berikut istilah-istilah yang sebaiknya anda ketahui:

Seeder/Seed :

Pengguna BitTorrent yang telah selesai men-download file dengan lengkap dan sedang meng-upload file tersebut.

Peer :

Peer bisa siapa saja yang tidak memiliki file secara utuh dan men-download serta meng-upload file tersebut.

Leecher :

Leecer adalah seseorang yang telah men-download file atau sedang men-download file tetapi tidak mengupload file tersebut. Torrent Client menyediakan pilihan untuk membatasi kecepatan upload sehingga banyak pengguna yang sengaja menurunkan kecepatan upload mereka karena alasan tertentu.

Tracker :

Tracker adalah Server yang membuat jalur bagi Seed/seeder dan Peer dalam sebuah kelompok jaringan (upload atau men-download file).

Tracker membantu dalam routing data dari peer, memulai download dan mempertahankan statika untuk sistem. Tracker mengarahkan “data” atau lebih spesifik “paket-paket data” untuk downloader.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ):

1. Apa itu BitTorrent ?

BitTorrent merupakan metode untuk men-download file/berkas menggunakan sistem terdistribusi file sharing peer-to-peer. BitTorrent bukan sebuah Program Komputer yang mana orang-orang sering salah pahan tentang itu.

Baca pengertian BitTorrent diawal paragraf untuk lebih jelasnya.

2. Apa itu Torrent ?

Torrent (lengkapnya File Torrent) adalah file komputer dengan ekstensi .torrent (contoh NamaFile.torrent) yang berisi metadata tentang file dan folder yang akan didistribusikan, dan biasanya juga berisi daftar lokasi jaringan Tracker.

Baca penjelasan tentang apa itu Torrent diawal paragraf untuk lebih jelasnya.

3. Apa itu BitTorrent Client ?

BitTorrent Client adalah Program Komputer yang digunakan untuk men-download file melalui protokol BitTorrent.

4. Bagaimana cara Mempercepat download menggunakan BitTorrent ?

Cari file Torrent yang memiliki banyak Seed dan Peer !

Semakin banyak jumlah Seed atau Peer dari file yang anda download, maka semakin cepat proses download karena sumber file yang anda download berasal dari Seed dan Peer.

Catatan:

Ada sebuah Program BitTorrent Client yang disebut BitTorrent, tetapi yang sedang kita bicarakan adalah Protokol BitTorrent. Sering kali Anda mendengar beberapa orang yang membicarakan tentang BitTorrent, yang mereka bicarakan adalah Protokol BitTorrent, bukan Program.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.