10 Alasan Kenapa Programmer Lebih Memilih Linux Dibanding Windows atau OS X

 Zhul Notes |  Update 10 April 2017 |   0 Comment
Alasan Kenapa Programmer Lebih Memilih Linux Dibanding Windows atau OS X

Anda mungkin bertanya-tanya alasan kenapa programmer lebih memilih Linux dibanding Windows atau OS X. Nah… pada artikel ini, anda akan menemukan jawabannya.

Dari semua sistem operasi yang ada, baik yang berbayar atau gratis, Ada tiga sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu Windows, OS X, dan Linux. Ketiga sistem operasi ini tentunya memiliki kelebihan dan fitur masing-masing.

Bagi para Programmer dan Hacker, Linux merupakan sistem operasi favorit dan paling banyak digunakan diseluruh dunia. Lalu apa alasan kalangan programmer dan hacker yang di anggap paling menguasai komputer lebih memilih sistem operasi linux dibandingkan dengan windows atau OS X ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikit 10 alasan kenapa Programmer lebih memilih Linux dibanding Windows atau OS X.

1. Open Source

Linux adalah sistem operasi open source. Yang berarti bahwa semua source code Linux bisa digunakan secara gratis dan Anda juga bisa mengubah source code sistem operasi ini dengan bebas sesuai kebutuhan.

Bahkan, yang open source bukan hanya sistem operasinya saja, tetapi beberapa aplikasi yang berjalan diatas linux juga berbasis open source.

2. Linux Mudah Didapat, Diinstall dan Digunakan

Alasan lain kenapa programmer lebih memilih Linux adalah karena mudah didapat, diinstal dan digunakan. Bagi para programmer, Linux merupakan sistem operasi yang sangat mudah digunakan. Dan untuk mendapatkan dan menginstal sistem operasi ini juga sangat mudah.

Cukup pilih salah satu distribusi linux yang populer atau sesuai dengan kebutuhan Anda (Jika tidak yakin yang mana, amanya pilih ubuntu), download file iso di website resminya, dan tulis ke flash drive atau bakar ke DVD, lalu boot melalui media tersebut untuk mulain mengintal.

Jika Anda sudah memiliki sistem operasi lain yang terinstal di komputer, Anda juga dapat memilih untuk dual boot antara dua sistem operasi sehingga Anda dapat menggunakan Linux untuk pemrograman dan sistem operasi lainnya untuk hal lain.

3. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Inilah salah satu alasan yang kuat kenapa programmer lebih memilih linux dibanding sistem operasi lainnya. Linux mendukung banyak bahasa pemrograman, seperti C/C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl, dan masih banyak lagi. Kecuali jika memang bahasa pemrograman tersebut hanya untuk platform tertentu, misalnya Visual Basic untuk Windows, atau Objective-C untuk Mac OS/iOS.

4. Aplikasi untuk Coding yang Lengkap

Mendukung banyak bahasa pemrogramaman memang hebat, tetapi bagaimana dengan aplikasi yang Anda gunakan untuk menulis kode aplikasi ?

Linux memiliki banyak aplikasi yang dapat digunakan para programmer untuk mengolah dan menguji kode yang telah ditulis, mulai dari aplikasi yang sederhana seperti GEdit (mirip notepad pada windows), hingga aplikasi yang kompleks seperti Eclipse.

Sekali lagi, ini hanya contoh yang menunjukkan jenis aplikasi untuk coding yang ada di Linux, masih ada beberapa alternatif selain aplikasi yang telah disebutkan.

5. Selalu Update

Berkat tim pengembang resmi suatu distribusi linux dan komunitas linux yang sangat luas, Linux merupakan sistem operasi yang selalu update dengan perkembangan teknologi komputer.

Umumnya, update sistem operasi linux tersedia setiap 6 hingga 9 bulan sekali. Update tersebut diantaranya peningkatan performa sistem, keamanan dan fitur-fitur lainnya, dan perbaikan sistem apabila ditemukan ada Bug atau Error.

6. Lebih Aman

Apabila dibandingkan dengan sistem operasi Windows, Linux memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi. Biasanya, pengguna sistem operasi windows sering mengeluh karena serangan virus, trojan, spyware, worm atau jenis malware lainnya (Malware: software yang di ciptakan khusus untuk merusak sistem komputer atau jaringan komputer). Namun pada Linux, hal ini hampir tidak pernah terjadi.

7. Ringan

Jika Anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang rendah atau sedang, maka sistem operasi linux merupakan pilihan yang cukup bijaksana. Alasannya adalah karena Linux tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi seperti Windows atau OS X untuk berjalan.

8. Linux Memiliki Komunitas yang Luas dan Besar

Linux merupakan proyek berbasis komunitas. Jika ada sesuatu yang Anda tidak bisa pahami, maka anda bisa langsung bertanya di forum online linux.

9. Linux merupakan Skill Tambahan yang Harus Dikuasain Programmer

Apakah Anda pernah melihat pasar kerja akhir-akhir ini ? salah satu skill yang sangat umum ditemukan dalam deskripsi pekerjaan untuk pemrograman adalah terbiasa dengan Linux atau menguasai linux.

Jadi bila Anda ingin berkarir sebagai seorang programmer, maka sebaiknya memilih linux sebagai salah satu syarat yang harus dikuasai oleh seorang programmer.

10. Karena Programmer Profesional menggunakan Linux

Anggaplah Anda seorang programmer pemula, lalu Anda mencari informasi tentang dunia pemrograman, dan menemukan bahwa kebanyakan programmer profesional menggunakan linux.

Tentunya sebagai pemula, Anda akan lebih memilih linux karena para ahli di bidang yang anda tekuni menggunakan linux.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.