10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Google Drive

 Zhul Al Gray |  Update 10 April 2017 |   0 Comment
10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Google Drive

Selama beberapa dekade ini, orang-orang biasanya menyimpan file digital menggunakan Hard Disk atau Flash Disk. Namun sejak tren teknologi Mobile First diperkenalkan dan jaringan super cepat 4G LTE mulai diterapkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, cara orang-orang dalam menyimpan file digital pun mulai bergeser dari cara lama (menggunakan Hard Disk atau Flash Disk) ke cara yang modern menggunakan salah satu fitur teknologi Cloud Computing yang disebut Cloud Storage.

Cloud Storage adalah model cloud computing (komputasi awan) di mana file digital disimpan pada remote server yang diakses dari Internet, atau “Cloud”. Cloud Storage dipelihara, dioperasikan dan dikelola oleh penyedia layanan Cloud Storage pada Storage Server (server penyimpanan) yang dibangun dengan teknik virtualisasi.

Dari sekian banyak layanan cloud storage yang tersedia saat ini, Google Drive merupakan salah satu yang terbaik. Masih belum yakin dengan Google Drive ? berikut 10 alasan kenapa Anda harus menggunakan Google Drive sebagai Cloud Storage.

1. Layanan Google

Dari namanya saja, Anda bisa langsung tahu bahwa Google Drive merupakan salah satu dari sekian banyak layanan google yang berbasis Cloud. Lalu ada apa dengan layanan Google ? Google merupakan perusahaan raksasa berbasis Internet yang dikenal memiliki layanan yang canggih dan handal.

Dengan kata lain, karena Google Drive merupakan layanan Google, jadi jika anda menggunakan Google Drive maka anda akan mendapatkan layanan terbaik dari perusahaan berbasis internet terbaik dengan tim yang terbaik dan berpengalaman.

Sekali lagi, karena merupakan layanan Google, maka sudah pasti jika sebagian besar layanan google lainnya bisa diintegrasikan dengan Google Drive. Adapun layanan google lainnya yang bisa diintegrasikan dengan google drive diantaranya Gmail, Google Photos, Google Music, Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slides, Google Forms, dan lain-lain.

2. Mendukung Multi Platform

Apabila Anda adalah tipe orang yang sering beraktivitas menggunakan komputer di rumah atau di kantor, dan juga kemana-mana dengan membawa tablet atau smartphone, maka Anda harus menggunakan Google Drive.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Google Drive adalah multi platform. Dengan ini, Anda dapat mengakses file-file Anda dari berbagai smartphone, tablet, atau komputer kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan perangkat apa saja.

3. Gratis Ruang Penyimpanan hingga 15 GB

Google Drive memberikan ruang penyimpanan online sebesar 15 GB secara gratis. Dengan ini, Anda dapat menyimpan foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video, atau apa saja di Cloud. Ruang penyimpanan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan ruang penyimpanan gratis yang ditawarkan oleh Dropbox (hanya 2 GB) atau beberapa penyedia layanan cloud storage lainnya.

Ruang penyimpanan gratis 15 GB dari Google Drive yang akan selalu mengikuti Anda kemanapun anda pergi cukup menggoda kan ?

4. Upload dan Sharing File dengan Mudah

Alasan lain kenapa Anda harus menggunakan Google Drive adalah karena Anda bisa dengan mudah upload dan sharing file. Anda bisa upload file ke Google Drive dengan cara drag and drop menggunakan komputer, lalu begitu proses upload selesai, Anda bisa mengakses file tersebut dari tablet atau smartphone. Selanjutnya, Anda bisa share file tersebut ke teman atau ke siapa pun yang anda inginkan.

Hebatnya lagi, file yang Anda bagikan dapat dilihat siapapun meski tidak memiliki akun Google, tetapi hanya sebagai Guest. Dan jika memiliki akun Google, maka orang yang diberi akses oleh pemilik file bisa ikut mengedit dan memperbarui file tersebut.

Beberapa orang bisa mengedit satu file di Google Drive sacara bersamaan untuk tujuan tertentu, misalnya saat anda sedang mengerjakan tugas kuliah bersama teman kuliah.

5. File Tetap Aman

Meskipun file bisa di-share ke orang lain, bukan berarti Google tidak memperhatikan keamanan file anda yang ada di Google Drive. Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat file tertentu yang anda upload, siapa saja yang bisa ikut mengedit file tersebut, dan juga siapa saja yang bisa menentukan siapa yang diberi akses administrator untuk mengakses penuh akun Google Drive Anda.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang mengerjakan suatu proyek bersama tim kapan pun dan dimana pun dengan aman tanpa perlu khawatir pekerjaan anda diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Sebagai Ruang Penyimpanan Rahasia yang Aman dari Jangkauan Siapapun

Bagi Anda yang memiliki koleksi file dokumen penting atau dokumen rahasia seperti data pelanggan, skripsi saat masih kuliah, atau dokumen-dokumen penting lainnya. Anda bisa mulai upload dokumen-dokumen tersebut ke Google Drive sekarang. Dengan ruang penyimpanan 15 GB, tentunya akan cukup untuk menyimpan banyak file dokumen.

Komputer Anda bisa rusak, dan Laptop, Tablet, dan Smartphone anda bisa hilang atau dicuri. Apabila hal buruk ini terjadi maka anda akan kehilangan semua dokumen penting anda. Namun bila Anda menyimpannya di Google Drive, maka meskipun Komputer, Laptop, Tablet, dan Smartphone anda rusak, hilang atau dicuri, dokumen-dokumen penting anda akan tetap aman dan anda akan tetap bisa mengaksesnya dari perangkat baru anda.

7. Mendukung Mode Offline

Salah satu alasan menarik kenapa anda harus menggunakan Google Drive adalah karena Cloud Storage milik google ini mendukung mode Offline. Dengan fitur ini, Anda bisa sinkronkan Drive virtual yang ada di komputer anda dengan Google Drive yang ada di cloud, sehingga anda bisa mengakses data anda meskipun tidak ada koneksi internet. Jadi anda tidak perlu khawatir jika sedang bepergian ke daerah terpencil yang tidak memiliki koneksi internet.

8. Download yang Cepat

Sebesar apapun file anda di Google Drive, Anda bisa menyalin file tersebut dengan cepat ke perangkat anda atau perangkat siapapun ketika anda membutuhkannya, karena Google Drive menyediakan layanan download yang super cepat.

Misalnya, Anda menyimpan file video lucu dengan ukuran 5 GB dan ingin menunjukkan video tersebut ke teman anda, maka anda bisa download file tersebut di komputer teman anda dalam waktu yang singkat.

9. Mengirim File yang Berukuran Besar

Melalui email, Anda tidak bisa mengirim file lebih dari 25 MB ke klien bisnis Anda, atau ke siapa pun. Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengirim file berukuran besar ? Jangan khawatir !

Google Drive memungkinkan Anda untuk mengirim file berukuran besar melalui shareable link yang dapat didownload kapan saja, di mana saja dan membantu Anda dalam menghemat waktu.

10. Anda membutuhkan Google Drive

Alasan yang terkhir kenapa Anda harus menggunakan Google Drive adalah karena Anda membutuhkan Google Drive. Saat ini, teknologi komputer dan internet telah menjadi kebutuhan pokok manusia, baik itu untuk urusan pribadi maupun bisnis.

Entah apapun alasannya, anda membutuhkan ruang penyimpanan berbasis Cloud, dan salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud terbaik adalah Google Drive.


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.