10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia

 Zhul Notes |  Update 23 March 2017 |   0 Comment
10 negara dengan koneksi internet tercepat di dunia

Peningkatang pengguna smartphone yang kini begitu cepat tidak dimungkiri turut mendorong penggunaan internet di berbagai belahan dunia. Karenanya, internet dengan kecepatan tinggi menjadi faktor krusial untuk mendukung gaya hidup masa kini.

Namun kecepatan internet di masing-masing negara pada dasarnya berbeda. Sebagian negara dapat dengan mudah mengakses layanan berbasis internet karena sudah didukung dengan infrastruktur mumpuni. Namun beberapa negara lainnya belum mampu melakukan hal tersebut karena beragam faktor.

Menurut Akamai Technologies, sebuah perusahaan provider internet, kecepatan internet global rata-rata mencapai 6.3 Mbps. Dengan kecepatan ini, cukup untuk streaming Youtube dengan kualitas video terbaik (4K) dan download film dengan ukuran yang besar hanya dalam beberapa menit.

Tahun 2016 lalu, Akamai Technologies merilis data tentang 10 negara dengan koneksi internet tercepat. Angka yang disebutkan adalah kecepatan rata-rata. Jadi, kecepatannya bisa lebih tinggi pada waktu tertentu, atau bisa juga lebih rendah.

Lantas, negara mana saja yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia saat ini ?

1. Korea Selatan

Berdasarkan data yang dilansir dari Akami Technologies, Korea Selatan disebut sebagai negara dengan koneksi Internet tercepat di dunia (2016). Kecepatan Internet rata-rata di Korea Selatan mencapai 29 Mbps, yang mana 4,6 kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan rata-rata Internet global.

Sebagai gambaran, dengan kecepatan diatas, penduduk Korea Selatan bisa download file sebesar 5 GB hanya dalam waktu 2,5 menit.

2. Norwegia

Dengan kecepatan Internet rata-rata 21,3 Mbps, Norwegia menempati posisi kedua di jajaran negara dengan koneksi Internet tercepat. Uniknya, kecepatan Internet di negara ini meningkat pesat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, mencapai 68%.

3. Swedia

Diklaim mencapai peningkatan hingga 32% dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2016, kecepatan koneksi Internet rata-rata di Swedia mencapai 20,6 Mbps. Dengan kecepatan ini, download film dengan protokol BitTorrent sambil streaming video YouTube tentu bukan lagi masalah bagi warga negara terbesar keempat di Eropa ini.

4. Hong Kong

Pada tahun 2013, Hong Kong merupakan negara pertama di dunia yang memiliki Internet super cepat hingga 60 Mbps. Namun ditahun 2016, warga Hong Kong harus berpuas diri dengan kecepatan koneksi internet rata-rata 19,9 Mbps.

5. Swiss

Berbeda dengan Hong Kong yang mengalami penurunan kecepatan koneksi Internet, Swiss justru terus merangkak naik. Tahun 2016, kecepatan koneksi Internet rata-rata di Swiss mencapai 18,7 Mbps, meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya.

6. Latvia

Latvia yang merupakan negara di eropa menduduku posisi ke 6 dengan kecepatan koneksi internet rata-rata mencapai 18,3 Mbps, 3 kali lebih cepat dari kecepatan global.

7. Jepang

Bicara soal Internet, rasanya tidak mungkin tidak menyertakan negara matahari terbit, Jepang. Terbukti dengan teknologi high speed fiber optic-nya, warga Jepang bisa menikmati kecepatan Internet rata-rata 18,2 Mbps.

Dengan kecepatan ini, warga Jepang bisa streaming YouTube, main game online dan download film apa pun dengan bebas. Salah satu penyedia layanan Internet di Jepang, So-Net bahkan menawarkan kecepatan Internet hingga 2 Gbps.

8. Belanda

Belanda dikenal sebagai negara dengan persentase pengguna Internet rumahan tertinggi di dunia. Untuk mengimbanginya, pemerintah Belanda secara konsisten menjaga kecepatan Internetnya. Di tahun 2016, kecepatan Internet rata-rata di Belanda mencapai 17,9 Mbps.

9. Republik Ceko

Kecepatan koneksi internet rata-rata republik Ceko mencapai 17,8 Mbps. Dengan kecepatan ini, membuatnya menduduki posisi ke 9 dalam deretan negara dengan koneksi internet tercepat di dunia.

10. Finlandia

Tahukan Anda jika pada tahun 2010 kecepatan internet rata-rata hanya 1 Mbps ? Namun dengan penerapan teknologi Internet super cepat 4G LTE, di tahun 2016, kecepatan rata-rata Internet di Finlandia mencapai 17,7 Mbps.

 


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Artikel Terkait


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.