13+ Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
pengertian komputer

Apabila googling di internet atau membaca buku, Anda akan menemukan beberapa pengertian komputer yang pernah dijelaskan oleh para ahli dan lembaga tertentu.

Sejak diciptakan pertama kali pada tahun 1946 hingga saat ini, komputer telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, baik dari segi bentuk maupun fungsi. Dari perubahan dan perkembangan inilah, beberapa ahli dan lembaga tertentu memiliki pendapat sendiri dalam mengartikan istilah “komputer”.

Dan mungkin saja, seiring dengan perkembangan teknologi komputer di masa depan, istilah “komputer” yang saat ini dipahami akan mengalami perubahan arti suatu saat nanti.

Namun untuk saat ini, definisi komputer yang digunakan secara resmi dan dipahami kebanyakan orang di seluruh dunia adalah sebagai berikut:

Pengertian Komputer

Menurut USLegal (Computer Law and Legal Definition), Komputer adalah perangkat yang menghitung, biasanya sebuah mesin yang dapat diprogram, yang dapat melakukan daftar instruksi (perintah) yang telah diprogram dan merespon instruksi-instruksi baru yang diberikan padanya. Komputer elektronik menerima data, memanipulasi data, memberikan hasil, dan menyimpan hasil.

Istilah “komputer” paling sering digunakan untuk mengacu pada komputer desktop dan laptop yang digunakan kebanyakan orang. Ketika mengacu pada model desktop, istilah “komputer” secara teknis hanya mengacu pada kotak yang mengimpan komputer (Case/Casing) dan bukan monitor, keyboard, dan mouse. Namun, semuanya bersama-sama dapat disebut sebagai komputer.

Definisi/Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sejauh ini, inilah definisi komputer yang pernah dijelaskan oleh para ahli:

1. Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer (Computer Annual, 1985)

Komputer adalah perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa telekomunikasi seperti menerima input, pemrosesan input, menyimpan perintah, dan menyediakan output.

2. Pengertian Komputer menurut V.C. Hamacher et al (Computer Organization, 1982)

Komputer adalah mesin penghitung elektronik cepat yang dapat menerima informasi input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilakn output informasi.

3. Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanderes (Computer Today, 1985)

Komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi data dengan cepat dan akurat dan juga dirancang dan diorganisir agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi programĀ (Operating System) yang tersimpan di memori (stored program).

4. Pengertian Komputer menurut William M. Fuori (Introduction to the Computer: The Tool of Business, 1977)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat, termasuk penghitungan aritmatika yang besar dan pengerjaan logika, tanpa campur tangan dari manusia.

5. Pengertian Komputer menurut Gordon B. Davis (Introduction to Electronic Computers, 1971)

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

6. Pengertian Komputer Menurut Elias M Awad (Introduction to Computers, 1983)

Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

7. Pengertian Komputer menurut Larry Long dan Nancy Long (Computers: An Introduction, 1990)

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan pekerjaan-pekerjaan logis.

8. Pengertian Komputer menurut Brian Williams dan Stacey Sawyer (Using Information Technology, 2012)

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

9. Menurut Wikipedia (versi Bahasa Inggris)

Komputer adalah perangkat yang dapat diperintahkan untuk melakukan kumpulan aritmatika yang berubah-ubah atau pekerjaan logis secara otomatis.

10. Menurut Google Translate

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik untuk menyimpan dan mengolah data, biasanya dalam bentuk biner, sesuai dengan instruksi yang diberikan padanya dalam program variabel.

11. Menurut Kamus Cambridge University

Komputer adalah mesin elektronik yang digunakan untuk menyimpan, mengorganisir, dan menemukan kata-kata, angka, dan gambar, untuk melakukan perhitungan, dan untuk mengendalikan mesin lain.

12. Menurut Kamus Oxford University

Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu menerima informasi (data) dalam bentuk tertentu dan melakukan serangkaian pekerjaan sesuai dengan pengaturan variabel instruksi prosedural (program) yang telah ditentukan untuk menghasilkan hasil dalam bentuk informasi atau sinyal.

13. Menurut Kamus Webster

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang biasanya diprogram agar dapat menyimpan, mengambil, dan mengolah data.

Jika Anda mencari definisi/pengertian komputer baik itu secara online atau offline seperti membaca buku, anda mungkin akan menemukan beberapa definisi yang berbeda dari yang telah disebutkan diatas. Namun, definisi komputer diatas merupakan yang paling umum digunakan sebagai referensi.

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Belajar Komputer

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *