Manfaat Kurma yang Ajaib bagi Kesehatan

 Zhul Al Gray |  Update 9 March 2017 |   2 Comments
manfaat kurma

Pohon Kurma (Latin: Phoenix dactylifera) adalah jenis tanaman berbunga di keluarga palm Arecaceae, walaupun asal pohon ini tidak diketahui karena sudah dibudidayakan sejak lama, tetapi tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan sekitar Iraq. Pohon kurma banyak dibudidayakan karena memiliki buah dengan rasa yang manis dan unik, namun bukan hanya itu saja, manfaat kurma (buah kurma) juga sangat baik untuk kesehatan.

Ada banyak manfat kurma untuk kesehatan, diantaranya sebagai salah satu bahan terbaik untuk pengembangan otot. Orang-orang mengkonsumsi kurma dengan beberapa cara, diantaranya mencampur pasta kurma dengan susu, yogurt atau dengan roti atau mentega untuk membuatnya terasa lebih lezat. Pasta kurma juga bermanfaat untuk orang dewasa maupun anak-anak, terutama saat masa pemulihan dari cedera atau sakit.

Menurut survei medis modern, manfaat kurma dapat mencegah kanker perut. Banyak muslim yang berbuka puasa dengan makan kurma sesuai dengan saran ajaran agama Islam. Berbuka puasa dengan kurma akan membantu menghindari makan makanan yang berlebihan saat buka puasa karena saat tubuh mulai menyerap kandungan gizi kurma yang tinggi, maka rasa lapar akan hilang. Selain itu, sistem saraf bisa mendapatkan banyak bantuan dengan mengkonsumsi kurma karena buah ini mengandung kalium yang tinggi.

Kurma merupakan salah satu makanan manis terbaik dan serbaguna, buah ini dapat meningkatkan energi seseorang secara signifikan dalam waktu setengah jam setelah dikonsumsi. American Cancer Society merekomendasikan asupan 20-35 gram serat per hari dan asupan ini dapat diberikan oleh kurma. Juga dikatakan bahwa mengkonsumsi satu kurma setiap hari akan membantu anda untuk menjaga kesehatan mata anda seumur hidup.

Nilai Gizi Kurma

Kurma merupakan sumber yang baik untuk berbagai macam vitamin dan mineral. buah ini merupakan sumber energi, gula dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium dan zinc juga telah ditemupan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan yang telah diketahui melalui ilmu pengetahuan modern.

1. Meringankan Sembelit

Manfaat kurma untuk meringankan sembelit. Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencuci perut, inilah sebabnya mengapa kurma disarankan untuk orang yang menderita sembelit. Untuk mendapatkan hasil yang paling optimal dari manfaat kurma, anda harus merendamnya dalam air selama satu malaman, kemudian makanlah kurma yang telah direndam di pagi hari seperti sirup.

Kurma memiliki tingkat serat larut yang penting dalam menjaga kesehatan usus, dan juga merupakan makanan yang aman saat melalui saluran usus sehingga dapat meringankan gejala sembelit.

2. Mengatasi Diare

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika kurma mangandung kalium, asupan kalium yang cukup merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi diare. Kurma juga mudah dicerna sehingga akan membantu dalam meringankan diare kronis.

3. Menguatkan dan Menyehatkan Tulang

Kandungan mineral tinggi yang ditemukan pada kurma membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang, melawan nyeri dan melemahkan penyakit yang berkaitan dengan tulang seperti osteoporosis.

Kandungan kurma seperti selenium, mangan, tembaga dan magnesium juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan tulang yang sehat dan kuat, terutama pada orang yang sudah lanjut usia karena tulang mereka secara bertahap akan melemah. Jadi makanlah kurma untuk memperkuat dan menyehatkan tulang anda.

4. Mengatasi Anemia

Karena kandungan mineral kurma yang tinggi, sehingga buah ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Selai itu, karena tingkat zat besi yang tinggi pada kurma membuatnya menjadi suplemen yang sempurna untuk orang yang menderita anemia.

Tingginya zat besi pada kurma dapat menyeimbangkan kurangnya zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan mengurangi perasaan lelah dan lesuh.

5. Mengurangi Alergi

Salah satu aspek yang menarik dari kurma adalah adanya sulfur organik di dalamnya. Hal ini bukan unsur yang biasa ditemukan dalam makanan, namun sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi.

6. Meningkatkan Energi

Manfaat kurma untuk meningkatkan energi. Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, Kurma merupakan cemilan yang sempurna untuk meningkatkan energi dengan cepat. Banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan kurma sebagai camilan ketika mereka merasa lesu dan lemah.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin pada kurma membuatnya sangat ideal untuk menjaga kesehatan sistem dan fungsi saraf. Kalium merupakan salah satu unsur utama dalam meningkatkan kesehatan dan responsif sistem saraf, dan juga meningkatkan kecepatan dan kesigapan aktivitas otak.

Oleh karena itu, kurma merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk orang-orang yang lanjut usia karena sistem saraf mereka menjadi lamban, dan juga untuk orang-orang yang ingin menjaga ketajaman otak mereka.

8. Menyehatkan Jantung

Jika kurma direndam pada malam hari, kemudian ditumbuk sampai halus di pagi hari dan kemudian dikonsumsi, cara ini telah terbukti memberi pangaruh positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber yang kaya akan kalium, dimana penelitian telah membuktikan bahwa asupan kalium yang cukup dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit lain yang terkait dengan jantung.

Selain itu, mengkonsumsi kurma juga disarankan sebagai cara yang sehat dan baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang merupakan faktor pendukung utama terjadinya serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

Oleh karena itu, makanlah kurma setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung anda.

9. Mencegah Kanker

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kurma merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi resiko kanker perut. kurma akan berfungsi sebagai tonik yang dapat digunakan semua lapisan umur. Dalam beberapa kasus, kurma bahkan berfungsi lebih baik daripada obat-obatan tradisional.

Kurma juga merupakan buah alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Demikian beberapa manfaat kurma yang ajaib untuk kesehatan, jika menurut anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu banyak orang, maka tolong di Share. Thanks.

 

Reference


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.