Jenis-Jenis Komputer (Penjelasan Lengkap dan disertai Gambar)

 Zhul Al Gray |  Update 4 March 2017 |   0 Comment
jenis-jenis komputer

Saat ini, ada banyak jenis-jenis komputer yang beredar dan bisa anda temukan dipasaran. Mulain dari komputer dengan ukuran yang sangat kecil sehingga bisa anda simpan di saku, sampai yang berukuran sangat besar sehingga sebuah perusahaan atau organisasi membutuhkan seluruh ruang gedung untuk menyimpan dan mengoperasikannya.

Komputer dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, beberapa klasifikasi yang umum digunakan diantaranya berdasarkan Ukuran, Fungsi, Prinsip Operasi, Penggunaan, dan Generasi.

Pada chapter ini, Anda akan belajar jenis-jenis komputer berdasarkan Ukuran, Fungsi, Data yang Diolah, Penggunaan, dan Generasi.

Dibawah merupakan daftar subchapter jenis-jenis komputer, silahkan baca mulai dari Subchapter 1 atau langsung menuju subchapter yang ingin anda pelajari.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Komputer, lanjutkan membaca mulai dari halaman utama chapter ini yaitu belajar komputer.

KLASIFIKASI KOMPUTER

1. Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Ukurannya

Berdasarkan ukurannya, jenis-jenis komputer dapat dibagi menjadi empat, yaitu Supercomputer, Mainframe Computer, Minicomputer dan Microcomputer.
Baca Selengkapnya

2. Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, jenis-jenis komputer dapat dibagi menjadi empat, yaitu Server, Workstation, Information Appliance (IA) dan Embedded System.
Baca Selengkapnya

3. Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Prinsip Operasi

Berdasarkan prinsip operasinya, jenis-jenis komputer dapat dibagi menjadi tiga, yaitu Komputer Analog (Analog Computer), Komputer Digital (Digital Computer) dan Komputer Hybrid (Hybrid Computer).
Baca Selengkapnya

4. Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, jenis-jenis komputer dapat dibagi menjadi dua, yaitu general purpose computer (komputer untuk tujuan umum) dan special purpose computer (komputer untuk tujuan khusus).
Baca Selengkapnya

5. Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Generasi

Berdasarkan data yang diolah, jenis-jenis komputer dapat dibagi menjadi lima, yaitu First Generation of Computer (Generasi Pertama, 1942-1955), Second Generation Computer (Generasi kedua, 1955-1964), Third Generation Computer (Generasi ketiga, 1964-1975), Fourth Generation Computers (Generasi keempat, 1975-Present), dan Fifth Generation Computers (Generasi kelima, Present & Beyond).
Baca Selengkapnya

Jika Anda membaca buku-buku komputer, majalah komputer atau googling di internet, anda mungkin akan menemukanan beberapa klasifikasi komputer yang lain karena saat ini jenis-jenis komputer memang sangat banyak dan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu, namum klasifikasi komputer diatas merupakan yang paling umum digunakan.

 

KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA

Belajar Komputer

Related Post


Share artikel ini dengan teman-teman Anda.


Related Post


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *